Rabu, 25 Jan 2017
Otomotif

UD Trucks Optimis Penjualan Meningkat 300 Persen

Sabtu, 26 Nov 2016 17:46

ANDALAN: Quester menjadi produk unggulan UD Trucks untuk berebut pasar truk di Indonesia.

ANDALAN: Quester menjadi produk unggulan UD Trucks untuk berebut pasar truk di Indonesia. (Miftakhul F.S/Jawa Pos)

JawaPos.com- Pergantian nama Nissan Diesel menjadi UD Trucks setelah diakuisisi Volvo, membuat mereka harus memulainya dari bawah lagi. Kendati begitu, UD Trucks optimis bisa bersaing merebut pasar kendaraan truk. Karena itupula, perusahaan otomotif dari Jepang tersebut memproyeksi penjualan truknya bisa meningkat 300 sampai 400 persen tahun depan.

”Konsentrasi kami ada di truk heavy duty. Kami optimis penjualan tahun 2017 akan naik tiga sampai empat kali lipat dari tahun ini,” kata Presiden Direktur PT Volvo Indonesia Valery Muyard.

Optimisme itu didasarkan pada beberapa indikator. Salah satunya penjualan truk heavy duty Quester keluaran UD Trucks tahun ini. Sampai November ini menurut Valery penjualan Quester sudah menembus angka 1.600 unit. Angka itu jauh meningkat dibanding tahun-tahun awal perubahan nama dari Nissan Diesel menjadi UD Trucks.

Faktor lainnya yang membuat UD Trucks optimis adalah terus tumbuhnya proyek-proyek kontruksi dan infrastruktur di Indonesia. Satu diantaranya adalah pembangunan tol yang menghubungkan seluruh wilayah Jawa. Tumbuhnya proyek-proyek tersebut meningkatkan kebutuhan akan truk kelas berat.

”Pertumbuhan infrastruktur tersebut membuka pasar yang besar bagi kami. Dan tentunya kami akan mengoptimalkan potensi pasar yang besar tersebut,” ujarnya.

Valery tidak memungkiri terbuka pasar itu juga bakal membuat persaingan di kelas heavy duty semakin berat. Sebab, para kompetitor UD Trucks akan berusaha all out untuk merebut dan menguasai pasar. Tapi, dengan strategi baru yang tengah dijalankan, UD Trucks optimis penjualannya bakal melesat.

Strategi itu seperti edukasi terhadap pengendara truk, mekanik, dan komunikasi yang intensif dengan para konsumen. Di sisi lain, mereka juga membuat desain truk Quester yang sangat ganteng untuk jenis kendaraan berat.

Kalkulasi mereka, tahun depan, mereka bisa menjual truk di kelas heavy duty diangka 4.800 sampai 6.400 unit. ”Saat ini kami sudah berada di posisi dua di kelas heavy duty. Kami akan terus bekerja. Sebab, kami juga memiliki harapan untuk menjadi yang pertama,” tegasnya. (fim)

 

 TOP
©2016 PT Jawa Pos Group Multimedia