Jawa Pos Logo

UD Trucks Edukasi Pengemudi
BERITA TERKAIT

JawaPos.com- Penetrasi pasar memang penting, terutama bagi brand baru seperti UD Trucks. Pabrikan asal Jepang itu melakukannya melalui edukasi konsumen yang berkaitan langsung dengan truk, terutama pengemudi. UD Trucks menggelar kompetisi mengemudi yang diikuti empat negara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Afrika Selatan. Lomba dilangsungkan di pabrik UD Trucks di Ageo, Saitama, Jepang.

 Dalam lomba itu, pengemudi ditantang mengatasi berbagai kendala. Misalnya, inspeksi kendaraan, kecepatan berkendara, penataan barang, efisiensi waktu menjalankan kendaraan, serta konsumsi bahan bakar. ”Kami ingin para pengemudi lebih peduli terhadap muatan, truk, jadwal, dan konsumen,” kata Nobuhiko Kishi, senior vice president UD Trucks.

Empat hal tersebut menjadi perhatian karena sopir kerap mengabaikannya. Pengemudi kerap mengendarai truk dengan muatan berlebih, kurang mengendalikan truk, serta mengabaikan ketepatan waktu pengiriman barang. ”Kalau mereka tidak care dengan hal-hal itu, tentu sangat merugikan konsumen,” terang Nobuhiko.

Abu Bakar Sidik, sopir truk asal Indonesia, menilai, pengalaman yang dia dapatkan dalam kompetisi tersebut bermanfaat bukan hanya bagi konsumen, tetapi juga bagi kelangsungan pekerjaan dan masa depan keluarganya. Sopir 37 tahun yang bekerja di PT STAL itu tidak memungkiri, sopir-sopir truk di Indonesia sering mengabaikan hal-hal dalam ujian kompetisi tersebut. ”Teknologi terus berkembang. Jadi, kita harus terus belajar,” katanya.

 Selain menggelar kompetisi untuk sopir, UD Trucks mengundang para distributor dan konsumen loyalnya ke pabrik. Seperti halnya para sopir, distributor dan konsumen yang diundang juga berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Afrika Selatan. ”Selain mendekatkan kami dengan konsumen, langkah itu dilakukan untuk membangun kepercayaan,” papar Nobuhiko. (fim)


BERITA LAINNYA