Selasa, 28 Mar 2017
Bisnis

WOM Bidik Pembiayaan Motor Rp 6 T Tahun 2017

Selasa, 22 Nov 2016 21:29

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok Jawa Pos)

JawaPos.com- Tekanan penjualan otomotif, khususnya sepeda motor membuat sejumlah perusahaan pembiayaan menetapkan target konservatif dalam proyeksinya tahun depan.

PT  Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF)  berharap  pembiayaan kendaraan roda dua  bisa tumbuh 8-10  persen tahun 2017 dibanding perkiraan realisasi pembiayaan tahun ini yang diproyeksikan  mencapai Rp 5,5 triliun. 

“Sampai Oktober 2016, kita sudah bukukan pembiayaan sekitar 4,5 triliun,” ujar Direktur WOM Finance Zacharia Susantadiredja di Jakarta, Selasa (22/11).

Dia mengungkapkan tekanan yang berat dalam penjualan sepeda motor tahun ini telah memukul perusahaan perusahaan pembiayaan.

Bila tahun 2015 total penjualan sepeda motor mencapai 7,8 juta unit, pada 2015 turun menjadi 6,4 juta dan diperkirakan akan turun lagi menjadi 5,9 juta tahun ini.

Meski demikian, katanya, sepanjang tiga bulan terakhir tren penjualan sepeda motor terus membaik.

"Tren penjualan (sepeda motor) kuartal III, terus membaik. Artinya, pasar sepeda motor pada tahun depan akan lebih baik,” katanya.

Terkait pendanaan untuk mendukung pembiayaan pada tahun 2017,  WOM Finance  berharap bisa membukukan pembiayaan Rp 6 triliun.

Zacharia menuturkan bahwa sumber pendanaan  akan berasal dari hasil kombinasi antara pinjaman perbankan dan penerbitan surat utang (obligasi). Adapun porsinya, masing - masing adalah 50 % pinjaman perbankan dan 40 % emisi obligasi.

"Kami sudah dapatkan komitmen pinjaman dari Bank Panin, Bank BCA dan Maybank. Kita juga jajaki pinjaman dari Bank Mega,"  paparnya.(nas/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia