Jawa Pos Logo

Majukan UMKM Harus Bangga Pakai Produk Lokal

JawaPos.com - Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih kreatif. Berbagai pameran menjadi ajang bagi UMKM untuk memperkenalkan produk lokal kepada masyarakat dan sebagai ajang promosi. Pesan yang paling penting adalah mendorong masyarakat untuk bangga memakai produk lokal.

Dalam ajang Depok Expo 2016, komunitas UMKM diwadahi Pemerintah Kota Depok melakukan deklarasi bangga memakai produk lokal Depok. Sedikitnya ada 80 pedagang memasarkan produk di ajang itu.

"Kami tingkatkan akses promosi UMKM, meningkatkan volume dan meningkatkan akses pasar. Sebanyak 80 pedagang terdiri dari 20 fesyen, 20 craft, selebihnya kuliner," kata Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Pasar Kota Depok M Fitriawan, Jumat (18/11).

Tak hanya itu, Pemkot Depok juga memfasilitasi UMKM Depok melalui belanja online Market Place di dunia maya sebagai wadah UMKM memasarkan produk. Pelaku UMKM dan konsumen dapat berkomunikasi langsung melalui dunia maya untuk bertransaksi.

"Kami bersama-sama majukan produk lokal. Kami dengan para pengusaha UMKM  lebih prioritaskan produk lokal. Sehingga ekonomi warga, ekonomi masyarakat Depok bisa meningkat," jelasnya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris menjelaskan Pemerintah Kota melatih para UMKM bagaimana meningkatkan pesanan dan dikenal masyarakat. Kepala daerah, kata dia, juga harus meneladani memakai produk lokal.

"Contoh di Depok saat ini ada pengrajin batik tulis yang tidak kalah dari batik tulis Kulon Progo. Harus punya komitmen tak sekedar bicara karena perlu sosialisasi. Bisa dengan Peraturan Daerah (Perda) UMKM dari sisi regulasi," tegas Idris. (cr1/JPG)


BERITA LAINNYA