Rabu, 28 Jun 2017
Ekonomi

Unik, Sepeda Kayuh Terbuat dari Kayu

Sabtu, 19 Nov 2016 02:00 | editor : admin

Pengunjung Depok Expo Mencoba Sepeda Kayuh dari Kayu

Pengunjung Depok Expo Mencoba Sepeda Kayuh dari Kayu (Rieska/JawaPos.com)

JawaPos.com - Sepeda terbuat dari bahan logam mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana jika rangka sepeda terbuat dari kayu?

Di tangan Didi Diarsa, warga Tapos, Depok, kayu dari pohon karet bisa disulap menjadi rangka sepeda. Kayu karet jika sudah berusia 15 tahun tidak terpakai dan akan menjadi limbah. Hal itu dimanfaatkan oleh Didi untuk membuat rangka sepeda dari kayu. Dia memberi nama Sepeda Kayuh.

"Kayu karet menjadi lembaran-lembaran dibungkus menjadi triplek dibikin cetakan menjadi satu," katanya di ajamg Depok Expo 2016 di Depok Town Square (Detos), Jumat (18/11).

Didi menambahkan dirinya memerlukan waktu untuk riset selama enam bulan. Proses untuk menjadi rangka sepeda hanya membutuhkan waktu 1 bulan. Sejauh ini Didi sudah memproduksi 20 sepeda kayuh.

"Ada yang seluruhnya dari rangka kayu. Baru ada 20 warga Depok yang punya sepeda ini. Pesanannya sesuai yang pesan saja. Jadi betul-betul orisinil," ungkapnya.

Harga yang ditawarkan dari mulai Rp 5 juta untuk sepeda standar tanpa tenaga listrik dan Rp 11 juta jika menggunakan listrik. Konsumen dapat mengisi ulang listrik selama 3-4 jam. Sepeda kayuh mampu dikayuh dengan jarak tempuh 40 kilometer. Sepeda ini kuat menahan beban hingga 100 kilogram.

"Frame atau rangkanya nanti bisa dipesan sesuai pesanan. Kayunya dilapis semacam pernis, anti rayap dan keropos karena kayunya sudah tua dan matang. Jadi kecil kemungkinan patah," kata Didi.

Sepeda ini memang belum diproduksi secara massal. Jika masyarakat tertarik, Didi melakukan produksi di Jalan Nangka Nomor 750 Tapos-Cimanggis, Depok. (cr1/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia