Selasa, 24 Jan 2017
Bisnis

PT Pertamina Luncurkan Program Pelestarian Lingkungan

Kamis, 17 Nov 2016 18:08

ILUSTRASI

ILUSTRASI (JAWA POS)

JawaPos.com – PT Pertamina kembali meluncurkan program pelestarian lingkungan. Program yang disebut green partner itu digagas untuk pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

Program hasil kerja sama terminal BBM Bandung Group dengan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jabar dan Hiswana Migas tersebut sangat berarti bagi lingkungan. Khususnya, pengurangan emisi global dan peningkatan keanekaragaman hayati.

General Manager Pertamina Regional III Jumali menyatakan, green partner merupakan program penghijauan. Gerakan tersebut dilakukan dengan menanam pohon dan mengonversi jumlah BBM jenis Pertamax yang disalurkan menjadi bibit pohon siap tanam. ’’Kami juga berupaya membangun kesadaran lingkungan

masyarakat,’’ ujarnya.

Jumali menyatakan, PT Pertamina memiliki komitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Dengan begitu, kelestarian lingkungan sekitar tetap terjaga. Sebab, manusia juga membutuhkan lingkungan yang sehat untuk jangka panjang. ’’Melalui kerja sama ini, kami berharap green partner dapat mendukung upaya pemerintah dalam melakukan penghijauan,’’ katanya.

Green partner akan dilangsungkan di wilayah operasi Terminal BBM (TBBM) Pertamina Bandung Group. Misalnya, di TBBM Ujung Berung dan Padalarang. Dua TBBM tersebut menargetkan mampu melayani 296 outlet

Mekanisme program itu adalah setiap 10 ribu liter penyaluran BBM jenis Pertamax akan dikonversi menjadi satu bibit pohon trembesi dan atau jenis endemik asli Jawa Barat.

’’Bibit pohon tersebut akan ditanam di beberapa wilayah konservasi alam di bawah koordinasi BPLHD Provinsi Jawa Barat,’’ ujar Jumali.

Pada tahap awal, mereka memulai dengan menanam 500 bibit pohon. Jumlahnya akan ditambah secara bertahap. Selain sebagai upaya peningkatan keanekaragaman hayati, green partner merupakan investasi yang sangat baik

untuk generasi yang akan datang. ’’Karena itu, mari kita dukung bersama program green partner supaya berkelanjutan,’’ terang Jumali.

Melalui program kolaborasi antara Pertamina, pemerintah daerah, dan Hiswana Migas, diharapkan tercipta kondisi lingkungan yang bersih, nyaman, dan tenteram. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian

masyarakat terhadap lingkungan melalui edukasi langsung secara luas. Khususnya pelanggan setia Pertamax.

’’Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang terkait atas kerja kerasnya dan dukungan penuhnya agar program green partner ini bisa berkelanjutan,’’ tutur Jumali.

Sebagaimana diketahui, badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang penambangan minyak dan gas bumi (migas) tersebut punya komitmen kuat terhadap pelestarian lingkungan. Lingkungan yang baik sangat menentukan keberlanjutan dan peningkatan kinerja perusahaan itu. (adv/bad/co1/ind)

 TOP
©2016 PT Jawa Pos Group Multimedia