Selasa, 24 Jan 2017
Finance

Tren Membaik, Ekonomi Indonesia Diprediksi Tumbuh 5,3 % Tahun Depan

Kamis, 17 Nov 2016 16:04

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok JPNN)

JawaPos.com – Tren pemulihan ekonomi diprediksi akan terus belanjut tahun depan seiring mulai bergeraknya ekonomi menyusul sejumlah langkah pemerintah dalam menerbitkan sejumlah deregulasi perekonomian. 

“Dengan sejumlah perbaikan di sisi makro, kita perkirakan ekonom i bisa tumbuhya antara 5,2  sampai 5,3 persen tahun depan,” ujar  Kepala Eksekutif Bidang Pengawasan Industri Keuangan Nonbank (IKNB) Firdaus Djaelani dalam seminar “Media Asuransi: Outlook Insurance 2017” di Jakarta Kamis (17/11).

Firdaus mengharapkan industri asuransi merespons pemulihan ekonomi dengan mengembangkan produk-produk inovatif dan bisa memenuhi kebutuhan konsumennya.

Menurutnya, prediksi ekonomi tahun depan lebih baik dibanding proyeksi tahun 2016 yang diperkirakan mencapai 5,1 persen. 

Meski belum sepenuhnya pulih, namun tren membaiknya perekonomian globnal mulai terlihat. Ini ditandainya dengan mulai membaiknya permintaan sejumlah komoditas tambang, dimana Tiongkok meningkatkan impornya untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri yang naik.

Firdaus  meminta pelaku industri perasuransian fokus  mengembangkan sejumlah program yang tengah meningkat, seperti program infrastruktur BUMN serta industri pertambangan. 

"Asuransi di sektor tambang rendah, saatnya masuk di saat sektor ini kembali bertumbuh lagi," ucapnya menyarankan.

Firdaus menjanjikan akan mendukung penuh industri dalam mengembangan produk untuk peningkatan penetrasi pasar dalam mendukung pengembangan asuransi di Indonesia.

"Kita siap mendukung apa-apa yang dibutuhkan industri agar industri asuransi bisa terus tumbuh ke depannya," katanya.(nas/JPG)


 

 TOP
©2016 PT Jawa Pos Group Multimedia