Jawa Pos Logo

Motor Listrik Bersolek

JawaPos.com- Isu green environment berdampak pada pameran motor terbesar di dunia, Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo (EICMA) 2016. Banyak vendor yang menawarkan motor listrik. Mereka serius menjelaskan pengembangan performa motor listrik, bukan sekadar menjelaskan apa itu motor listrik.

Motor listrik yang ditawarkan berbeda dengan motor listrik di Indonesia yang modelnya culun dan sama sekali kurang keren. Demikian pula motor listrik di Amerika yang terlalu muluk-muluk sehingga tidak mungkin bisa digunakan di jalan raya.

Di EICMA, hampir semua motor listrik tampil keren dan bisa digunakan harian! Mayoritas mereka mengambil basis rangka, kaki, dan bodi motor yang mesinnya sudah diganti dengan motor listrik. Hasilnya, motor tetap garang seperti motor gede pada umumnya.

Pabrikan kelas dunia seperti BMW telah menawarkan skuter listrik C-Evolution. Demikian pula Peugeot yang merilis skuter bernama Genze. Bahkan, Vespa meluncurkan motor listrik konsep dengan nama Elettrica.

Pemain motor Zero asal Amerika juga ambil bagian di EICMA. Salah satu pionir motor listrik yang berusia sepuluh tahun itu meluncurkan varian terbaru, Zero S Smart Streetfighter. Demikian pula moge keren dari pabrikan Energica dengan tipe Ego dan Eva. Keduanya berbentuk moge full fairing.

Jadi, tentu sangat keren bila kita bisa menyelamatkan dunia sekaligus tampil cool dengan motor listrik bukan? (*/c16/noe)


BERITA LAINNYA