Jawa Pos Logo

Bisnis Pariwisata Makin Diminati, 2016 Ada Tujuh Proyek Baru Rp 24,7 M

JawaPos.com – Animo masyarakat luar daerah maupun asing untuk berekreasi ke Kota Pudak masih terbilang tinggi. Tahun ini, hingga Agustus, tercatat ada 1.699.583 wisatawan yang berkunjung.

Hal tersebut berdampak pada dunia usaha. Bisnis di sektor pariwisata tetap melejit. Makin banyak pengusaha yang membangun hotel, restoran, rumah makan, dan kafe dalam lingkup objek wisata.

”Kami memastikan, bisnis di sektor pariwisata tetap tumbuh. Dibanding tahun lalu, naik 10 persen,” ungkap Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Gresik Agus Suharsono, Senin (7/11).

Perkembangan itu, kata Agus, dapat dilihat dari pertumbuhan bisnis kuliner di sekitar tempat wisata. Dia lantas memisalkan sekitar area tempat wisata Makam Putri Cempo. Usaha kuliner tumbuh subur di lokasi tersebut.

Warung, kafe, dan tempat makan selalu penuh dengan pengunjung. ”Anak-anak muda menjadikan lokasi itu tempat nongkrong,” ucapnya. Agus memastikan bahwa disbudparpora terus menggenjot bisnis pariwisata.

Langkah tersebut tecermin dari berbagai kegiatan promosi. Terutama untuk menarik investor. Dia menilai jumlah hotel masih kurang. ”Padahal, hunian menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” tuturnya.


BERITA LAINNYA