Jawa Pos Logo

Jumlah Kapal Asing Turun, Domestik Naik

JawaPos.com – Industri pelayaran di Kota Pudak masih belum pulih. Berbanding terbalik dengan kapal domestik, jumlah angkutan asing yang masuk ke pelabuhan malah turun.

Pendapatan pengusaha jasa logistik laut pun ikut berkurang. PT Pelindo III Cabang Gresik mencatat arus kapal pada triwulan III tahun lalu berjumlah 59 unit/403.437 GT.

Sementara itu, tahun ini jumlahnya kian turun menjadi 35 unit/233.037 GT. DPC Indonesian National Shipowners' Association (INSA) Gresik menyebut penurunan itu berpengaruh besar pada industri pelayaran.

’’Secara umum jasa pelayaran laut turun 30 persen. Mulai pendapatan pengusaha, penyewaan kapal, dan lainnya,’’ ujar Ketua DPC INSA Gresik M. Kasir.

Ada banyak faktor penyebab turunnya industri pelayaran di Kota Pudak. Kasir menuturkan, kini perekonomian masih belum pulih total. Permintaan pasokan barang ke luar negeri turun. Secara tidak langsung, produksi perusahaan ikut turun.

’’Akibatnya, permintaan logistik bahan baku ikut turun,’’ tuturnya. Sebelumnya, INSA Gresik juga mencatat adanya penurunan jumlah perusahaan pelayaran. Ada sekitar lima perusahaan yang tutup karena regulasi baru pemerintah pusat.


BERITA LAINNYA