Jawa Pos Logo

Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri, Pemerintah Dorong Produksi Garam  Lokal

JawaPos.com - Sektor industri di dalam negeri diminta untuk menggunakan garam produksi lokal dalam memenuhi kebutuhan industrinya. Namun, nyatanya garam lokal masih belum mampu untuk memenuhi semua kebutuhan industri.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Achmad Sigit Dwiwahjono. Menurut dia, ada beberapa industri yang tak bisa dipenuhi oleh garam lokal.

"Industri kecil menengah itu bisa saja disuplai oleh garam lokal dengan kualitas yang memadai. Tapi, untuk industri CAP (Chlor Alkali Plant) yang mengolah bahan baku untuk menjadi bahan kimia lainnya butuh kualitas yang tinggi dan spesifikasi, serta jumlah yang besar ," kata Achmad saat dikonfirmasi, Selasa (1/11).

Menurut dia, keterbatasan itu, didasari oleh kualitas dari garam lokal. Serta, jumlah yang besar untuk memenuhi kebutuhan.

"Ini kepada jumlah dan kualitasnya. Masih sulit dipenuhi oleh garam lokal," tandas Achmad.

Dia menambahkan, pemerintah terus berupaya dan mendorong agar meningkatkan kualitas garam. Dan adanya extensifikasi lahan baru.


BERITA LAINNYA