Kamis, 27 Apr 2017
Ekonomi

Iklim Investasi Dorong Perdagangan, Selalu Naik dari Tahun ke Tahun

Jumat, 28 Oct 2016 08:59 | editor : admin

Pertumbuhan Investasi dalam Lima Tahun Terakhir

Pertumbuhan Investasi dalam Lima Tahun Terakhir (Grafis: Andrew/Jawa Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com – Perkembangan sektor perdagangan terus mendapat angin segar. Perkembangan itu didukung iklim investasi yang masuk ke Kota Pudak.

Kepala Bidang Pengembangan Investasi Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Gresik Farida Haznah Makruf memastikan, angka investasi tidak pernah turun di Gresik.

”Dalam lima tahun terakhir terus meningkat,” ujarnya Kamis (27/10). Farida menyebutkan ada banyak faktor pendukung iklim investasi di Kota Giri sehingga terus meningkat.

Salah satunya adalah ketersediaan kawasan industri di beberapa wilayah. Pengusaha juga turut andil dalam promosi.

”Jadi, bukan hanya pemerintah yang promosi investasi. Para pengusaha yang juga pemilik kawasan industri ikut promosi,” katanya. Menurut Farida, peningkatan investasi selalu diikuti perkembangan perdagangan.

Termasuk sektor penyediaan jasa. ”Investasi selalu berbanding lurus dengan perdagangan dan jasa,” jelasnya.

Plt Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Gresik Ilmul Yaqien menambahkan, perkembangan sektor perdagangan memang tidak pernah lepas dari kondisi industri.

Di Gresik, iklim investasi dan perkembangan industri cenderung stabil. Ilmul menilai, kawasan padat industri memiliki daya tarik tersendiri bagi pelaku bisnis perdagangan.

Dia memprediksi, kondisi itu akan mendorong perkembangan sektor perdagangan dalam jangka panjang. ”Prospeknya sangat bagus,” ujarnya.

Selama ini, perkembangan sektor perdagangan memang baru berpusat di kota. Sebab, sebagian kawasan industri berada di wilayah kota.

”Tapi, nanti terus berkembang ke wilayah pinggir. Sebab, Pemkab Gresik telah mengembangkan wilayah utara dan selatan,” terangnya. (adi/c21/roz/sep/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia