Jawa Pos Logo

Iklim Perdagangan Kian Bergairah, Bupati Minta Perbankan Gaet Pengusaha

JawaPos.com – Pertumbuhan ekonomi sedang bergairah. Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyebut tingkat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dipimpinnya mencapai angka 6,57 persen.

Hal tersebut tidak terlepas dari sektor perdagangan. Orang nomor satu di Gresik itu mengajak perbankan dan pengusaha untuk meningkatkan investasi dan perekonomian.

’’Kami mendukung perbankan untuk mendekati pengusaha. Pemilik ruko yang kaya-kaya itu perlu diajak mengembangkan Gresik,’’ jelasnya. Dia optimistis investasi di Kota Pudak terus bertambah.

Berdasar data Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Gresik, sepanjang semester I 2016, terdapat 1.476 dokumen pengajuan SIUP (surat izin usaha perdagangan) yang masuk ke instansi tersebut.

Pemohonnya bukan hanya perseorangan, namun juga badan usaha berbentuk perseroan terbatas (PT), koperasi, dan CV (commanditaire vennootschap).

Ada tiga jenis usaha perdagangan yang menunjukkan tren kenaikan jumlah peminat. Selain makanan dan minuman (mamin), masyarakat gencar memburu laba pemasaran pakaian.


BERITA LAINNYA