Selasa, 28 Mar 2017
Bisnis

Proyek Palapa Ring Paket Timur Dijamin PT PII, Wilayah Terisolir Ikut Maju

Selasa, 25 Oct 2016 17:20

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok.JPNN.com)

JawaPos.com - Pemerintah kini sedang menggarap proyek yang akan menyatukan daerah Indonesia bagian timur yang selama ini terisolir dari jangakau komunikasi.

Khususnya untuk masyarakat di kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku hingga Papua Barat. Warga di sana akan bisa mengikuti perkembangan Indonesia dengan Proyek Palapa Ring Paket Timur yang baru saja ditandatangani oleh investor di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi), September lalu.

Pengebutan proyek infrastruktur di bidang telekomunikasi ini melibatkan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII), selaku perusahaan yang menjamin pembiayaannya.

Direktur Utama PT PII, Sinthya Roesly  mengatakan bahwa Penjaminan Proyek Palapa Ring Paket Timur juga merupakan upaya kongkrit pemerintah dalam percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional yang tercantum dalam Perpres No 3 Tahun 2016.

"Dalam pembungan infrakstruktur pemerintah tidak mengandalkan APBN yang terbatas. Proyek itu dapat dilaksanakan dengan memfasilitasi partisipasi swasta dengan menyediakan dukungan kontinjen berupa penjaminan risiko infrastruktur", ujar Sinthya Roesly  di Jakarta, Selasa (25/10).

Proyek Palapa Ring merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional. Nantinya dengan ketersediaan layanan optik itu akan dapat menghubungkan seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Proyek ini tidak hanya difokuskan di Pulau Jawa saja. Tapi meliputi seluruh kawasan. Baik Indonesia Barat, tengah dan timur. Skema pengerjaannya dengan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Total investasi pembangunan itu menelan anggaran mencapai Rp5,1 trilliun. Biaya sebesar itu selain disediakan oleh investor juga didukung oleh pemerintah melalui PT PII.

Sinthya berharap dengan berjalannya proyek Palapa Ring Paket Timur, masyarakat di Indonesia bagian timur tidak lagi tertinggal jauh dibanding kota-kota besar lainnya. Pemerataan pembangunan pun dapat tercapai sebagaimana tujuan dari program nawacita. (iil/JPG)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia