Rabu, 22 Feb 2017
Bisnis

Ini Manfaat Tax Havens Dari Sisi Investor

Jumat, 21 Oct 2016 17:32

Ilustrasi

Ilustrasi (dok.Jawapos.com)

JawaPos.com BATAM - Tax havens (suaka pajak) yang diusulkan Pakar Ekonomi Bisnis dari Universitas Indonesia (UI), Anggito Abimanyu memiliki segudang manfaat. Baik untuk negara maupun investor.

Disebutkan mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PHU) menyebutkan, dari sisi negara yang menawarkan tax havens manfaat yang diperoleh antara lain, peluang diversifikasi investasi, dan strategi menangguhkan beban pajak.

Lebih dari itu, manfaat lainnya, perlindungan aset yang kuat, hasil investasi bebas pajak, offshore banking dengan keleluasaan dan privasi, imbal hasil yang lebih besar, mengurangi beban pajak, menghindari restriksi mata uang dan peluang mengembangkan bisnis.

"Pada umumnya, negara tax havens memiliki kawasan khusus perbankan atau biasa dikenal sebagai offshore banking," sebutnya yang dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group), Jumat (21/10).

Dikatakannya, tax havens sangat cocok diterapkan di Pulau Batam. Selanjutnya, kata dia, penerapan kebijakan offshore banking dinilai akan menguntungkan investasi di Batam.

Pasalnya, investor tidak perlu ragu meminjam dana ke bank yang berada di luar negeri lagi, karena kebijakan ini menjamin bahwa bank-bank lokal akan turut berpartisipasi dalam membangun investasi di Batam. Tentunya bank lokal akan memberikan suku bunga yang kompetitif.

Konsep offshore banking mirip seperti penerapan kebijakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yakni sama-sama membutuhkan lahan untuk membentuk suatu kawasan khusus.

Dengan kata lain, offshore banking adalah kawasan khusus perbankan dengan regulasi yang berbeda dari perbankan lainnya yang berada di luar kawasan tersebut. (leo/iil/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia