Jawa Pos Logo

2 Tahun Jokowi, Menteri ESDM Dirombak 4 Kali, Begini Kata DPR

JawaPos.com - Pergantian pucuk pimpinan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebanyak empat kali selama dua tahun pemerintahan Jokowi-JK dianggap tidak masalah. Asalkan, pengelolaan sektor tersebut menjadi lebih baik.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi VII DPR Mulyadi. "Dengan berganti menteri, tidak masalah yang penting sektor ESDM jauh lebih baik. Karena sektor ini paling strategis," ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/10).

Kendati berganti mitra, dia mengatakan komisinya tetap firm terhadap isu yang menjadi perhatian publik. Seperti freeport, relaksasi migas, maupun wilayah kerja kilang.

Sejauh ini, ada dua produk undang-undang yang tengah direvisi dan meminta penyelesaiannya. Yakni, RUU Migas dan RUU Minerba. "Tahun 2016 ini nggak mungkin (rampung), 2017 undang-undang ini akan diselesaikan," sambungnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kekayaan sumber daya alam sejatinya dikelola melalui kebijakan di sektor ESDM. Karenanya, sektor tersebut menjadi sangat penting apalagi banyak pihak yang memiliki kepentingan di dalamnya.

Dia meyakini bahwa Ignasius Jonan sebagai menteri ESDM yang baru mampu mengendalikan semua kepentingan itu. Untuk itu, komisi VII katanya akan memberikan informasi yang klir, akurat, komperehensif, agar Kementerian ESDM membuat atauran atau membenahi aturan yang dianggap selama ini tidak menguntungkan dan tidak baik.


BERITA LAINNYA