Jawa Pos Logo

Bonek Siapkan Aksi Besar-Besaran di Surabaya Sebelum ke Jakarta

JawaPos.com- Sebulan menjelang Kongres PSSI 10 November mendatang, suporter fanatik Persebaya Surabaya, Bonek, kembali berencana menggelar aksi besar-besaran. Aksi tersebut merupakan bagian dari proses mengawal kongres yang berlangsung di Jakarta itu.

Menurut Presidium Bonek Andi Peci, rencananya aksi besar-besaran dilakukan akhir bulan ini atau awal November mendatang. Puluhan ribu Bonek disiapkan untuk menghijaukan Surabaya. ’’Aksi itu hanya awal sebelum berangkat ke Jakarta. Kami ingin memperlihatkan keseriusan kami dalam mengawal Persebaya,” ujarnya kemarin.

Rencananya, ada dua lokasi yang menjadi tujuan arek Bonek. Yaitu, kawasan Gedung Grahadi dan sekretariat Asprov PSSI Jawa Timur. ’’Asprov Jatim adalah pemegang hak suara dalam kongres nanti. Mereka adalah representasi publik sepak bola Kota Surabaya. Kami tidak ingin mereka memberikan hak suara kepada pihak yang akan merugikan Persebaya,” pungkasnya.

Aksi besar-besaran tersebut, selain proses awal untuk mengawal kongres PSSI, dijadikan Bonek untuk menyuarakan pendapat tentang hak Persebaya sebagai voter. Sebab, hingga saat ini, PSSI hanya menganggap Persebaya sebagai pihak peninjau, bukan pemegang hak suara.

’’Hingga sekarang, Persebaya merupakan anggota sah PSSI, tapi tidak dimasukkan sebagai voter. Kami akan menuntut itu,” tutur Andi. (raz/ttg)

 


BERITA LAINNYA