Minggu, 28 May 2017
PEMENANG READERS CHOICE
Kesehatan

Jelang Menopause, Wanita Harus Konsumsi Asupan Ini

Rabu, 19 Oct 2016 23:01 | editor : admin

Ilustrasi

Ilustrasi (livestrong)

JawaPos.com – Perubahan gaya hidup di zaman modern saat ini membuat produksi hormon berubah. Salah satunya siklus menstruasi.

Saat ini, sejumlah wanita di atas usia 40 tahun sudah mengeluhkan tanda-tanda terjadinya menopause dini. Persiapan yang harus dilakukan, wanita harus banyak minum vitamin dan kalsium.

Rutinitas kerja dan kesibukan wanita modern membuat produksi hormon terganggu. Hari Menopause Sedunia yang dicangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi alarm bagi wanita untuk dapat menjaga kesehatan tubuhnya.

Tingkat stres yang tinggi bisa mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita. Biasanya beberapa penyebab dari gejala menopause dini adalah karena faktor keturunan atau faktor genetik.

“Rata-rata usia menopause adalah 53 tahun. Namun saat ini era semakin maju dan wanita makin sibuk sudah tidak hanya berada di rumah. Stres dan kesibukan ini bisa mempengaruhi,” ungkap Dekan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) Mahdi Jufri.

Mahdi menjelaskan banyak masalah yang dihadapi wanita menjelang menopause dan saat menopause sudah terjadi. Diantaranya penuaan pasti tidak dapat dihindari.

“Menopause pasti akan terjadi penuaan seperti kulit keriput. Dulu ada saran suntik hormon untuk anti aging tetapi itu dilarang WHO karena bisa kanker,” ungkap Mahdi.

Ia menyarankan wanita yang melalui tahapan ini untuk banyak memakan makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C dengan radikal bebas mampu mencegah penuaan dini.

Ada pula masalah lain yang dihadapi yakni masalah tulang atau osteoporosis. Wanita menjelang menopause atau sudah berada di dalam masa ini harus banyak mengonsumsi kalsium.

“Kalsium harus banyak dikonsumsi untuk mencegah pengapuran. Bisa dari suplemen atau susu. Bisa saja usia 40-49 terjadi menopause dini. Ini yang harus dihindari,” ungkap Mahdi. (cr1/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia