Jawa Pos Logo

Tarif Jasa Penumpang Angkasa Pura 1 Naik Setelah 2 Tahun 7 Bulan

JawaPos.com – Penumpang yang hendak terbang dari bandara-bandara di lingkungan Angkasa Pura (AP) 1 harus menyisihkan uang lebih.

Mulai 1 November 2016, pengelola 13 bandara pelat merah wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur itu melakukan penyesuaian (baca: menaikkan) tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U).

Nominal kenaikan salah satu aviation charge itu bervariasi. Seperti yang bakal berlaku tidak sampai dua pekan lagi di Bandara Juanda, bandara tersibuk di bawah naungan AP 1.

Besaran tarif PJP2U penerbangan domestik naik Rp 15 ribu. Semula Rp 75 ribu menjadi Rp 90 ribu. Sedangkan penerbangan luar negeri naik Rp 10 ribu dari Rp 200 ribu menjadi Rp 210 ribu. Kenaikan tarif terakhir pada 1 April 2014.

''Penyesuaian tarif PJP2U sebagai upaya kami meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang dan pengguna jasa bandara yang mengutamakan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan,'' jelas Corporate Secretary AP I Israwadi, Rabu (19/10).

Besaran tarif sudah termasuk biaya baggage handling system dan pajak 10 persen. Kenaikan tarif tersebut juga masuk dalam item tiket penumpang alias passenger service charge (PSC) on ticket.


BERITA LAINNYA