Jawa Pos Logo

 Ruas Tol Jakarta-Cikampek Naik 8.14 Persen, Berlaku 22 Oktober

JawaPos.com - Pengguna jalan tol di ruas Jakarta- Cikampek atau sebaliknya  harus siap-siap menambah anggaran.  Pasalnya, Pemerintah telah menyetujui  kenaikan tarif tol di ruas tol di ruas ini yang mulai berlaku pada Sabtu (22/10) pukul 00.00.

Kenaikan tarif ini sesuai  Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 799/KPTS/M/2016 Tanggal 14 Oktober 2016 Tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Tol Jakarta - Cikampek.

Jalan tol Jakarta – Cikampek merupakan ruas tol yang menghubungkan jalan tol dari Cawang ke Cikampek dan melintasi Kota Jakarta Timur, Kota dan Kab. Bekasi, Kab. Karawang dan Purwakarta.

“Sesuai UU,  penyesuaian tarif jalan tol dilaksanakan setiap 2 tahun sekali, mengacu kepada kenaikan inflasi di wilayah jalan tol dioperasikan,"  tutur Anggota Badan Pengatur jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Koentjahjo  seperti rilis yang diterima,  Senin  (17/10).

Dia  mengungkapkan, penyesuaian tarif tol  mengacu pada angka inflasi terendah selama dua tahun terakhir yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada  wilayah yang dilalui jalan tol tersebut, yaitu wilayah Bekasi yaitu 8,13 persen.

“Dengan hitungan itu, maka  tarif tol terjauh untuk golongan I yang semula Rp 13.500 menjadi Rp 15.000,” tutur Koentjahjo.


BERITA LAINNYA