Jumat, 20 Jan 2017
Sepakbola Indonesia

Indonesia Berada di Peringkat ke-11 Piala Dunia U-12 Usai Kalahkan Tunisia

Senin, 17 Oct 2016 23:47

Indonesia sebelum laga kontra Tunisia

Indonesia sebelum laga kontra Tunisia (Istimewa)

JawaPos.com - Delegasi Indonesia di Final Dunia Danone Nations Cup 2016, atau yang biasa disebut dengan Tim AQUA Danone Nations Cup (AQUADNC), Garuda Muda 2016 merebut peringkat ke-11 dalam festival sepak bola Piala Dunia U-12. Gelaran tersebut dilaksanakan pada 13-17 Oktober 2016.

Tim AQUADNC Garuda Muda 2016 merebut peringkat ke-11 usai mengalahkan Tunisia dengan skor 1-0 di Stade de France.

Gol semata wayang Indonesia dicetak oleh Andika. Usai laga, dia merasa sangat gembira. Maklum saja, dia dan rekan-rekannya bisa bertanding di Stade de France.

“Hari ini benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan. Bermain di Stade de France merupakan kesempatan langka dan kami semua sudah menunggu kesempatan ini setelah menjadi Juara Nasional AQUADNC 2016 di Jakarta," sebut Andika dalam rilis resmi yang diterima JawaPos.com.

Tim AQUADNC Garuda Muda 2016 yang dilatih eks juru racik Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, mengaku belajar banyak hal di Final Dunia Danone Nations Cup 2016.

“Kami semua tidak kecewa tidak bisa maju lebih jauh, justru kami belajar banyak dari festival ini, mendapatkan banyak teman baru dari luar negeri, dan bangga membawa nama Indonesia. Ini adalah pengalaman yang berharga untuk perjalanan kami selanjutnya,” imbuh Andika.

Melihat penampilan mengagumkan Indonesia selama gelaran Final Dunia Danone Nations Cup 2016, Jacksen mengaku yakin dengan masa depan sepak bola Indonesia.

“Saya sungguh optimis terhadap masa depan sepak bola Indonesia. Begitu banyak talenta di Indonesia yang menunjukkan bahwa potensi kita sangatlah besar. Mereka bisa menang melawan Italia, Prancis, Afrika Selatan, dan Tunisia. Ini menunjukkan bahwa kemampuan mereka tidak kalah dibandingkan dengan negara lain," ucap Jacksen.

Indonesia sendiri menjadi juara Grup E yang berisikan Italia, Korea Selatan, dan Afrika Selatan. Dalam kualifikasi grup (14/10), Mulkan Hanif cs tidak terkalahkan. Indonesia menang 2-0 atas Italia, imbang 2-2 kontra Korea Selatan dan menang 1-0 atas Afrika Selatan.

Setelah menjuarai Grup E, Indonesia melanjutkan langkah ke Putaran 16-Besar (15/10) melawan Argentina, Prancis, dan Meksiko. Kontra Argentina kalah 0-1, kemudian menang 1-0 atas Prancis, dan kalah 0-5 dari Meksiko.

Berbeda dengan turnamen sepak bola untuk usia dewasa, Final Dunia Danone Nations Cup menggelar pertandingan untuk menentukan peringkat dari seluruh negara peserta.

Pada pertandingan melawan Tunisia, Tim AQUADNC Garuda Muda tampil lepas dan mengimbangi permainan Tunisia. Gol semata wayang Indonesia tercipta melalui titik putih pada menit ke-16, akibat pelanggaran yang dilakukan Tunisia. Andika yang ditunjuk menjadi algojo, tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan membobol gawang Tunisia.

Pertandingan puncak Final Dunia Danone Nations Cup 2016 mempertemukan Jerman vs Jepang. Jerman berhasil menaklukkan Jepang lewat adu penalti dan menjadi Juara Final Dunia Danone Nations Cup 216 yang diikuti oleh lebih dari 400 anak dari 32 negara. (epr/JPG)

 TOP
©2016 PT Jawa Pos Group Multimedia