Jawa Pos Logo

Mampu Sukseskan Tax Amnesty, Pegawai Pajak Layak Diapresiasi

JawaPos.Com - Anggota Komisi XI DPR yang membidangi perpajakan, M Misbakhun mengharapkan pemerintah memberi apresiasi khusus bagi jajaran Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Alasannya, program pengampunan pajak atau tax amnesty tahap pertama tergolong sukses karena mampu menghasilkan uang tebusan hingga Rp 97 triliun.

Menurut dia, dana itu jelas memperkuat kondisi keuangan negara. “Kemampuan fiskal kita meningkat dengan masuknya uang tebusan dari tax amnesty. Ini capaian luar biasa DJP yang pantas mendapatkan reward (penhargaan),” ujarnya di gedung DPR, Jakarta, Kamis (13/10).

Politikus Golkar itu mengaku sudah menyampaikan permintaannya pada saat rapat kerja Komisi XI DPR dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMA) pada Rabu (12/10) malam. Reward untuk pegawai DJP itu juga untuk mengimbangi penghargaan kepada jajaran Direktorat Jenderal Bea Cukau (DJBC).

Untuk diketahui, SMI pada 27 September 2016 telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 144/PMK.02/2016 tentang Tata Cara Pemberian dan Pemanfaatan Insentif Atas Pencapaian Kinerja di Bidang Cukai. Merujuk PMK itu, pegawai DJBC bisa mengantongi bonus hingga empat kali gaji dan tunjangan kinerja.

Misbakhun pun merasa perlu menyuarakan pentingnya reward bagi DJP yang sukses mengawal tax amnesty. “Terlepas dari situasi apa pun, reward kepada  pegawai Ditjen Pajak terhadap suksesnya tax amnesty sudah semestinya dilakukan," katanya.

Wakil rakyat yang getol mengawal pembahasan RUU Pengampunan Pajak itu mengingatkan, masih ada program tax amnesty tahap kedua dan ketiga. Menurut dia, perlu reward untuk DJP demi mendongkrak kesuksesan program tax amnesty selanjutnya.


BERITA LAINNYA