Rabu, 25 Jan 2017
Bisnis

Gaet Investor Korsel, Kimia Farma Bangun Pabrik Bahan Baku Obat

Senin, 10 Oct 2016 20:03

ilustrasi

ilustrasi (Dok JPNN)

JawaPos.com -  PT Kimia Farma (Persero) Tbk  menggaet Sungwun Pharmacopia Co. Ltd  Korea Selatan untuk membangun  pabrik bahan baku obat  di Kawasan Industri Lippo Cikarang, Jawa Barat.

Total investasi yang ditanamkan untuk membangun pabrik  bahan baku obat pertama di Indonesia  dengan kapasitas produksi 30 ton per tahun ini mencapai Rp 132 miliar.

"Sejak merdeka pada 17 Agustus 1945, Indonesia belum memiliki pabrik bahan baku obat sendiri. Bahan baku obat kita 100 persen masih tergatung dari impor China dan India," kata Dirut PT Kimia Farma Tbk Rusdi Rosman saat ground breaking pabrik Kimia Farma di Cikarang, Jawa Barat, Senin (10/10).

Ia melanjutkan, saat ini Indonesia memiliki kebutuhan bahan baku obat sebanyak 2.200 item. 

Dengan dibangunnya pabrik Kimia Farma ini, perseroan menargetkan bisa memproduksi 50 persen kebutuhan bahan baku obat nasional dalam 10 tahun kedepan.

"Tahap awal kita produksi untuk 15 item dan terus ditingkatkan sampai 20 item. Target dalam 10 tahun, kita bisa penuhi 50 persen kebutuhan nasional," lanjutnya.

Dengan hadirnya pabrik bahan baku obat ini, diharapkan harga obat dalam negeri diharapkan juga bisa ditekan.

Rusdi mengungkapkan,  dalam pembangunan pabrik ini, Kimia Farma menggandeng Sungwun Pharmacopia Co. Ltd sebagai mitra karena perusahaan tersebut memiliki teknologi untuk memproduksi Bahan Baku Obat.

Selain itu, Sungwun juga bersedia melakukan alih teknologi dan alih pengetahuan tentang produksi Bahan Baku Obat, dengan memberikan training di Korea Selatan selama 1 (satu) tahun untuk seluruh SDM yang bekerja di pabrik, yang akan dimulai akhir tahun ini. 

"Dengan porsi saham 70 persen untuk Kimia Farma, mereka memberikan jaminan pembelian produk dengan sistem take or pay, atas seluruh hasil produk yang dihasilkan, karena mereka telah memiliki jaringan pasar yang cukup luas yaitu di Jepang dan Amerika," sambung Rusdi.

Pabrik baru Kimia Farma ini berlokasi di  Delta Silicon 1, Kawasan Industri Lippo Cikarang, dengan luas 5.000 meter persegi dari 6 hektare yang disediakan.(nas/JPG) 

 TOP
©2016 PT Jawa Pos Group Multimedia