Jawa Pos Logo

Tender PLTGU Jawa 1 PLN Diapresiasi DPR

JawaPos.com - Evaluasi tender pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Jawa 1 yang diselenggarakan PT PLN (Persero) diapresiasi DPR.

Evaluasi itu meliputi aspek teknis, administrasi dan harga. Semua itu pun telah dirampungkan. Hingga pada akhirnya didapatkanlah konsorsium yang mampu mengajukan harga terendah.

Beredar kabar, konsorsium yang mengajukan harga penawaran paling rendah adalah PT Pertamina. Dalam tender ini perusahaan plat merah tersebut menggandeng Marubeni dan Sojits.

Dikabarkan konsorsium Pertamina memberikan penawaran terbaik dengan selisih signifikan dari peserta lain. Perbedaan harga penawaran antara konsorsium Pertamina dan urutan kedua, konsorsium Adaro dan konsorsium Mitsubishi mencapai US$ 2,3-US$ 2,4 miliar atau sekitar Rp 30 triliun sepanjang masa kontrak.

“PLN harus diberi apresiasi. Karena ini jelas merupakan penghematan keuangan negara yang luar biasa, sepanjang spesifkasi teknisnya sesuai dengan persyaratan yang diminta,” kata  Anggota Komisi VII DPR Hari Purnomo, dalam keterangannya, Minggu (9/10).

Hari percaya, bahwa Pertamina telah memperhitungkan secara matang terhadap penawaran yang diajukannya. Untuk itu dia juga yakin, bahwa Pertamina akan bisa menyelesaikan pekerjaan besar itu dengan baik.


BERITA LAINNYA