Jawa Pos Logo

MTF Bukukan Pembiayaan Kendaraan Bermotor Rp13,4 T Per  September 2016

JawaPos.com - Di tengah tekanan perekonomian dan masih belum pulihnya penjualan otomotif, perusahaan pembiayaan PT Mandiri Tunas Finance (MTF) mencatat pertumbuhan pembiayaan baru sebesar 11,84 % (year on year) hingga akhir September 2016.

“Hingga 30 September 2016,  lending kami tumbuh Rp1,9 triliun jika dibanding September tahun lalu," ujar  Direktur Utama MFT, Ignatius Susatyo di Jakarta dalam rilisnya, Minggu (09/10).

Ditambahkan, secara year to date pembiayaan MTF  mencapai Rp13,4 triliun, lebih tinggi dibanding  periode yang sama tahun lalu yang mencapai  Rp11,9 triliun. "Jadi ada pertumbuhan hampir 12% untuk lending,” imbuhnya.

Pertumbuhan ini menandai keberhasilan Perseroan dalam memaksimal penjualan di tengah kondisi daya beli yang turun, dan pertumbuhan industri otomotif yang masih terus melemah.
 
 Dari pertumbuhan penjualan tersebut, Susatyo mengungkapkan pembiayaan untuk mobil baru (new car) dari sisi amount tumbuh 12.50% dari total lending new car 2015. 

“MTF bermain di mobil baru namun kami masih terus tumbuh. Gaikindo sendiri mencatat pertumbuhan otomotif hanya 1% hingga Juli-Agustus 2016. Impact GIIAS pun hanya tumbuh 1%. Jadi kami masuk ke pasarnya kompetitor, dan ambil pasar mereka,” jelas Susatyo.
 
Dia juga mengungkapkan, ada hal unik yang terjadi di MTF dalam penjualan mobil baru, yakni bergeser segmentasi pasar. 

Biasanya, segmen komersial menguasai 60% dan segmen passenger sebanyak 40%. Namun saat ini berubah drastis, dimana passenger menjadi 80% dan komersial hanya 20%.
 
“Hal ini sebenarnya sudah kami prediksi di awal tahun karena  diperkirakan mobil komersial ini akan menurun sejalan dengan turunnya harga komoditas. Baik itu pertambangan maupun perkebunan," katanya.


BERITA LAINNYA