Jawa Pos Logo

Presiden Semringah, Tebusan Tax Amnesty Menuju Rp 100 Triliun

JawaPos.com - Program tax amnesty membukukan sukses besar. Menjelang penutupan gelombang pertama pada pukul 00.00 WIB tadi malam (30/9), hampir Rp 100 triliun dana tebusan masuk ke kas negara. Kepercayaan pengusaha dan publik kepada negara begitu besar sehingga pengampunan pajak bisa berjalan baik.

Pendaftar tax amnesty membeludak sepanjang sehari Jumat (30/9). Untuk menyemangati petugas pajak dan peserta tax amnesty, Presiden Joko Widodo menyambangi Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. 

Jokowi tiba di kantor DJP pada pukul 19.55 WIB. Dia mengenakan kemeja putih lengan panjang. Wajahnya tampak semringah melihat antusiasme peserta tax amnesty dan angka realisasi yang terus menanjak.

Dia datang dengan didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio, dan Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani. Kedatangan rombongan tersebut disambut langsung oleh Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi.

Setiba di kantor DJP, rombongan langsung bergegas menuju ruang tunggu penyerahan surat pernyataan harta (SPH). Dalam pernyataannya, Jokowi memerinci, hingga pukul 20.03 WIB, total deklarasi dan repatriasi adalah Rp 3.540 triliun. Sedangkan angka tebusan mencapai Rp 97,1 triliun.

"Tadi saya sampaikan, ini sebuah momentum untuk reformasi perpajakan kita, perluas basis pajak dan tentu saja tingkatkan rasio pajak di negara kita Indonesia." 


BERITA LAINNYA