Kamis, 24 Aug 2017
Bisnis

Akuisisi Newmont, Medco Rogoh Kocek Rp 8.3 T

| editor : 

Arifin Panigoro

Arifin Panigoro (Dok JPNN)

JawaPos.com -  PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) resmi mengumumkan skema pengambilan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Perusahaan pimpinan Arifin Panigoro itu akan menguasai 50 persen tambang emas dan tembaga.

Manajemen MEDC menjabarkan skema transaksi dalam rangka akuisisi NNT ke Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin (29/9). 

Transaksi tersebut terdiri atas pembelian 50 persen saham PT Amman Mineral Investama (AMIV) senilai USD 404 juta atau sekitar Rp 5,2 triliun.  Selanjutnya, MEDC berkewajiban memberikan pinjaman USD 246 juta atau Rp 3,1 triliun.

AMIV adalah pemilik 99 persen saham PT Amman Mineral Ventura (AMV). Sementara itu, AMV merupakan pemilik 99 persen PT Amman Mineral Internasional (AMI). Di tangan AMI, kepemilikan langsung terhadap NNT mencapai 82,2 persen.

MEDC akan memiliki secara bersama dengan PT AP Investment terhadap saham AMIV dengan porsi kepemilikan sama, yaitu 50 persen. 

Pembelian saham AMIV yang tidak langsung memiliki saham NNT dinilai sebagai langkah tepat. Transaksi itu diyakini akan memberikan nilai tambah strategis terhadap MEDC karena operasi perusahaan target akuisisi itu berskala dunia.

Arifin Panigoro yang ditemui saat  pendaftaran program amnesti pajak menyebutkan, transaksi akuisisi Newmont merupakan sesuatu yang sangat besar. 

”Tetapi, susunannya lebih kompleks sehingga ada satu holding lagi di atas Medco Energi. Besok lah (hari ini, Red) dibahas di RUPS,” ucapnya di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, kemarin (29/9).

Yang pasti, kata dia, pihaknya bertekad agar operasionalnya bisa dikontrol dari Jakarta. ”Tapi, kami sedang mengatur si badan baru itu apakah di sini atau tetap di luar negeri. Namun, arahnya mau dikontrol dari sini,” ujarnya. (gen/c21/sof)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia