Rabu, 29 Mar 2017
Ekonomi

Menkop-Mendes Sepakat Sinergikan BUMDES dengan Koperasi

Senin, 26 Sep 2016 05:32

Menkop  UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Menkop UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (Dok JPNN)

JawaPos.com WONOSOBO-Pemerintah sepakat mengembangkan pemberdayaan masyarakat desa melalui koperasi dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). 

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga dan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menandatangani nota kesepahaman bersama tersebut di Wonosobo, Jawa Tengah.

Menkop Puspayoga mengatakan sinergi dua kementerian bertujuan untuk memberdayakan koperasi dan UKM melalui sinergi dengan program dari Kemendes dan PDT.

"Koperasi itu jarang ngemplangnya apalagi UKM-nya, KUR juga sekarang yang sedang berjalan NPL-nya nol koma, jadi sangat bertanggung jawab pengusaha kecil kita," kata Puspayoga seperti dikutip Indopos, Senin (26/9).

Sementara Menteri Desa Eko Putro mengatakan, Wonosobo dipilih sebagai proyek percontohan atas pertimbangan yang telah dikaji dengan matang. 

"Ada separuh dari penduduk kita ada di desa dan lebih dari 100 angkatan kerja kita ada di desa-desa. Kita sama-sama membuat masyarakat kita menjadi lebih makmur dan sejahtera," katanya.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo  menyambut baik salah satu wilayahnya yakni Desa Kumijing, Kecamatan Wadas Lintang, Kabupaten Wonosobo, terpilih menjadi desa proyek percontohan pemberdayaan masyarakat desa tertinggal melalui sinergi koperasi dengan BUMDES.

"Pemerintah dan masyarakat di Wonosobo berharap banyak kepada dua kementerian ini dalam upaya pembangunan ekonomi Kabupaten Wonosobo," katanya.

Ia berharap kepercayaan itu makin mendorong semangat masyarakat untuk mengelola BUMDES dan koperasi. 

Eko menjelaskan keberadaan koperasi di Wonosobo dari waktu ke waktu semakin eksis melalui profesionalisme yang kian berkembang ditunjang dengan kini hadir 53 BUMDES dalam bentuk Kelompok Usaha Bersama, Pasar Desa Kelompok, maupun usaha lain yang memanfaatkan potensi desa.(ers/nas/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia