Rabu, 29 Mar 2017
Ekonomi

Memilih Kantong Plastik Bersertifikasi Halal dan Ramah Lingkungan

Sabtu, 24 Sep 2016 09:25

Memilih Kantong Plastik Bersertifikasi Halal dan Ramah Lingkungan

Memilih Kantong Plastik Bersertifikasi Halal dan Ramah Lingkungan (IST)

JPNN.com JAKARTA - Umum diketahui bahwa sampah plastik adalah jenis sampah yang sulit didaur ulang. 

Butuh waktu ratusan tahun untuk proses penguraian sehingga penggunaan plastik yang meningkat akan menyebabkan sampah plastik menggunung.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, Sinar Joyo memberikan solusi memilih jenis plastik yang akan digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Pemilihan jenis plastik ini tentunya mudah terurai sehingga meminimalkan dampak lingkungan dan juga plastik yang tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

CEO Sinar Joyoboyo, Hengky Sidharta mengatakan, permasalahan kantong plastik tengah menjadi kajian diseluruh belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. 
 
“Bahkan kadungan kimia yang terkandung di dalam plastik diyakini berdampak pula terhadap kesehatan jika kita tidak cermat memilih jenis plastik yang kita gunakan,” kata Hengky dalam keterangan persnya, Sabtu (24/9). 

Namun dengan bahan High Density Polyethylene (HDPE), jenis plastik yang diproduksi Sinar Joyoboyo menjadikan kantong plastik yang aman karena dapat didaur ulang. 

Hengky menjelaskan Sinar Joyoboyo telah mengembangkan inovasi teknik produksi plastik yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan yang tersertifikasi halal oleh MUI untuk pembuatan kantong plastik.

“Kami telah meminimumkan kadar senyawa kimia dari produk produk plastik kami yang tentunya food grade dan degradable grade,“ katanya.

Dikesempatan yang sama, Hengky juga mengimbau masyarakat agar lebih cermat dan teliti memilih plastik kemasan yang akan dipergunakan. Imbauan ini disampaikan melalui serangkaian kegiatan kampanye sosial guna memberikan penyuluhan tentang plastik yang baik dan aman. 

Termasuk memberikan pelatihan kreatif kepada kelompok kelompok masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan limbah plastik untuk menjadi produk kreatif yang berguna dan bernilai ekonomi. (jpg)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia