Jawa Pos Logo

Pemintal Benang Ratusan Tahun Dipamerkan di Expo Desa

JawaPos.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar Expo Potensi Desa 2016 di Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (23/9) malam.

Pameran berbagai macam produk unggulan desa dari seluruh daerah di Indonesia tersebut dibuka Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Expo potensi desa kali ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di 2016. Sebelumnya, Kemendes PDTT juga menggelar expo pada 2015. Selain produk makanan khas, sejumlah stan kerajinan unggulan dari daerah juga ikut meramaikan expo tersebut. Diantaranya, produk kain tenun dari Nusa Tenggara Barat dan Mamuju Sulawesi Barat.

Stan Desa Karataun, Kecamatan Kalumpang, Mamuju, Sulawesi Barat menjadi salah satu yang paling banyak dikunjungi. Di stan tersebut memamerkan produk kain tenun Sekomandi. Ada pula alat pemintal benang hunuran yang berusia ratusan tahun.

"Alat itu (hunuran, Red) merupakan warisan nenek moyang kami," ujar Kepala Desa Karataun Rustam kepada Jawa Pos. Selain Sulbar, 33 provinsi lain juga memamerkan produk unggulan dari desa masing-masing.

Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi mengatakan, expo kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pada 2015, expo berlevel kabupaten. Sementara tahun ini tingkat provinsi. Menurutnya, selain memamerkan produk unggulan, expo tersebut juga merupakan wadah komunikasi dan silaturahmi antardesa.

1
2

BERITA LAINNYA