Jawa Pos Logo

Orang Tua Depresi, Anak Bisa Ikutan Depresi

JawaPos.com - Depresi bisa disebabkan faktor biologis atau genetik, bisa juga faktor psikologis. Fabiola P. Setiawan MPsi memaparkan, faktor genetis bisa dilihat pada anak yang kembar identik. Jika salah satu anak mengalami depresi, anak lain akan memiliki kemungkinan dua kali lebih besar mengalami gejala depresi jika dibandingkan dengan anak kembar fraternal (berasal dari dua telur).

Selain itu, anak dari orang tua yang mengalami depresi memiliki kemungkinan lebih besar untuk depresi. ”Untuk memunculkan gejala depresi, biasanya faktor genetik ini dipicu faktor lingkungan. Misalnya, perceraian, perpisahan, dan kegagalan,” urainya.

Misalnya, seorang anak melakukan berbagai aktivitas yang diharapkan seperti pergi ke sekolah dan mengerjakan tugas. Ternyata lingkungan tidak memberikan perhatian yang cukup. Anak menjadi tertekan, menunjukkan gejala depresi dan berhenti melakukan kegiatan tersebut. Lingkungan mulai memperhatikan dan memberikan perhatian lebih. Maka, si anak akan menunjukkan gejala depresi untuk mendapatkan perhatian dari lingkungan.

Penanganan gejala depresi pada anak adalah membentuk lingkungan yang bisa memberikan semangat dan mendukung anak. Berikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan ketakutan dan kekhawatirannya.

Kemudian, bicarakan dengan anak tujuan-tujuan yang realistis dan bangun rasa penghargaan terhadap dirinya. Bila anak mampu menyerap, berikan pula pendekatan kognitif yang mengajak anak untuk memahami hubungan antara pikiran dan tingkah laku, melakukan evaluasi apakah pikiran dan tingkah lakunya tepat dan positif. (nor/c7/ayi)


BERITA LAINNYA