Jawa Pos Logo

Bareskrim Tangkap Kapten Bram, Pelaku Penyelundupan Orang

JawaPos.com - Jajaran Subdit III Direktorat Tindak Pidana Umun (Ditipidum) Bareskrim Polri menangkap Abraham Louhenapessy alias Kapten Bram. Dia adalah salah satu pelaku yang terlibat jaringan penyelundupan orang.

Kasubdit III Ditipidum Bareskrim Kombes Sulistiyono mengatakan, penangkapan Kapten Bram berawal dari pengembangan yang dilakukan jajarannya.

"Pelaku ini ditangkap kemarin (22/9) di kawasan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Dia bekerja sebagai pengkordinir para pencari suaka asal luar negeri dan dibawa ke Selandia Baru," kata dia di kantorya, Jumat (23/9).

Kasus ini, kata Sulistiyono, bermula sejak bulan Mei 2015. Kapten Bram dan sepuluh pelaku lainnya bersama-sama mencari suaka ilegal dan diberangkatkan ke Selandia Baru.

"Menggunakan dua kapal, di kapal ada 65 imigran yang 10 berasal dari Bangladesh, satu Myanmar, dan 54 dari Srilangka," katanya lagi.

Kapal pengangkut, sambung dia, berangkat dari Tegal, Jawa Tengah dengan tujuan Selandia Baru. "Tapi sesampainya di perbatasan perairan Australia, kapal ini dicegat dan didorong kembali ke perairan Indonesia," ucap dia.

1
2

BERITA LAINNYA