Jawa Pos Logo

Empat Bupati Akan Bahas Pembentukan Provinsi Madura

JawaPos.com- Upaya membentuk Provinsi Madura terus dilakukan. Empat bupati di Pulau Garam tersebut akan bertemu untuk membahasnya. Pertemuan empat kepala daerah itu diagendakan 30 September nanti di Pendapa Ronggosukowti, Pamekasan.

Bupati Pamekasan Achmad Syafii menyampaikan, pihaknya mengusulkan kepada panitia nasional soal persiapan pembentukan Provinsi Madura agar keempat bupati dipertemukan. Pertemuan para pemimpin daerah dianggap penting untuk menyamakan persepsi, baik antar keempat bupati maupun antara panitia dan para bupati.

Menurut Syafii, jika tidak ada sinergi, dikhawatirkan terjadi salah persepsi. ”Tolong kumpulkan keempat bupati dan wakil bupati, empat ketua DPRD, panitia, serta dari UTM,” katanya.

”Begini, pembentukan Provinsi Madura ramai diwacanakan. Tapi, di daerah belum ada apa-apa. Saya katakan, ketika diundang di Surabaya, saya khawatir jangan-jangan di forum ini suaranya tidak sama dengan di lapangan,” tambah Syafii.

Mantan anggota DPR tersebut melanjutkan, keputusan pimpinan daerah di empat kabupaten sangat penting untuk menentukan kelanjutan wacana Provinsi Madura. Sebab, para pimpinan daerah itulah yang paham dengan kondisi dan kesiapan di lapangan.

Selain itu, keempat bupati dipertemukan dalam rangka mengintensifkan pembahasan Provinsi Madura. ”Kami butuh forum yang lebih sempit, yaitu pertemuan antar pimpinan daerah di Madura. Sebab, ini akan kembali ke daerah masing-masing. Apalagi yang menyimpulkan kan bupati,” jelasnya.

1
2

BERITA LAINNYA