Jawa Pos Logo

NU: Pemerintah Harus Waspadai Aksi Bernuansa Separatisme

JawaPos.com - Maraknya seruan separatis di media sosial (Medsos) seperti yang terjadi di Bali terkait adanya penolakan reklamasi Teluk Benoa.

Cara penolakan yang mengarah pada gerakan separatis itu mendapat kecaman dari berbagai pihak. Termasuk dari Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj.

Dia menegaskan bahwa separatisme adalah musuh bagi Nahdlatul Ulama (NU) dan seluruh komponen bangsa ini. Untuk itu pemerintah diminta harus menyikapi dengan serius seruan tersebut.  

"Seruan separatisme itu sangat berbahaya, tidak boleh didiamkan." tegas Kyai Said saat dihubungi di Jakarta, Jumat (23/9).

Ia menegaskan bahwa NU mengecam aksi-aksi separatisme dalam bentuk apapun dan bagaimanapun alasannya. "Separatisme bukan hanya musuh pemerintah, tapi musuh semua komponen bangsa termasuk musuh NU. Separatisme itu sudah pasti bertujuan memecah belah persatuan bangsa," tandasnya.

Sebelumnya sejumlah akun facebook yang diketahui ramai memposting ujaran Bali Merdeka. Salah satunya diposting oleh seorang aktivis yang juga kerap memimpin demonstrasi yang dilakukan Hadi Joban.

1
2
3

BERITA LAINNYA