Jawa Pos Logo

Pengamat: Gubernur DKI Sebelumnya dari Militer Berpangkat Letjen

JawaPos.com - Putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti dianggap belum cocok untuk terjun ke dalam kontestasi pemilihan gubernur DKI Jakarta. Selain kariernya di dunia politik minim, di ranah militer dia masih perwira menengah dengan pangkat Mayor.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ikrar Nusa Bhakti mengatakan, setidaknya untuk menjadi gubernur DKI, Agus berpangkat Letnan Jenderal (Letjen). Seperti halnya, gubernur terdahulu yang beranjak dari dunia militer.

Seperti contoh,Ali Sadikin, Tjokro Panolo hingga Sutiyoso. Semua mantan gubernur itu memiliki modal dengan pangkat Letjen hingga terpilih menjadi gubernur DKI.

"Buat saya ngaco aja sih. Dia mau jadi panutan, panutan apa, anak masih ingusan gitu. Apa warga Jakarta mempercayai pengelolaan Jakarta dengan seorang yang masih berpangkat mayor?" ujarnya di Jakarta, Jumat (23/9).

Menurut Ikrar, menanggalkan karier militer akan menjadi pertaruhan besar bagi Agus. Andaikata menang, ada potensi dia menjadi penerus SBY turun kancah nasional bertarung di pemilihan presiden. Akan tetapi Ikrar pesimis hal itu akan tercapai.

Pasalnya dalam demokrasi butuh sistem kaderisasi berdasarkan merit sistem. "Di Amerika tidak ada masih berpangkat rendah maju jadi pemimpin. Tidak ada yang berpangkat rendahan. Dalam militer senioritas itu penting," tegas dia.

Untuk itu, dia menyayangkan SBY mengorbankan Agus untuk bertarung melawan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Mengingat pengalamannya yang belum mumpuni. Agus diyakni tidak akan mampu bertarung dan menang di Pilgub DKI. (dna/JPG)


BERITA LAINNYA