Senin, 21 Aug 2017
Otomotif

Gairah Segmen SUV : Jepang Bersolek, Korea Ganti Model

Oleh: Yuddy Sugianto Hananta

| editor : 

Bagasi KIA Sportage (kiri) dan Mitsubishi Pajero Sport Dakar.

Bagasi KIA Sportage (kiri) dan Mitsubishi Pajero Sport Dakar. (Muhammad Ali/Jawa Pos)

TIDAK mau kalah dengan mobil sedan dan mobil konsep yang bertebaran di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, seluruh ATPM yang memiliki mobil sport utility vehicle (SUV) mempersolek andalannya.

PT Nissan Mobil Indonesia (NMI) masih mengandalkan Nissan X-Trail berkode mesin T32 yang dilengkapi berbagai aksesori. Namanya pun diimbuhi X-Tremer. Paket aksesori terdiri atas headlamp projector, front bumper guard, rear bumper guard, side body guard, dan moncong knalpot yang didesain lebih sporty.

Masuk ke kabin, terdapat kicking plate dengan LED. Nissan juga membekali X-Trail dan X-Tremer dengan head unit layar sentuh berukuran 10,1 inci HD. General Manager Marketing Strategy and Communication Division Budi Nur Mukmin dengan bangga menyebut X-Trail sebagai mobil operasional tim sepak bola Manchester City.

Honda pun tak mau kalah. Meski tidak memiliki SUV terbaru untuk dipajang di GIIAS, varian modifikasi siap menyapa penggemar pabrikan berlogo H itu. Mid SUV HR-V dilengkapi variasi audio high end produk JBL Audio dengan monitor touchscreen 6,8 inci dan smart A/V system dengan fitur K2 technology dan volume link EQ.

Selain memanjakan penumpang, Honda HR-V sedikit bersolek di bagian eksterior. Di antaranya, front lower garnish, rear license garnish, rear lower garnish, shark fin antenna, dan velg sporty berdiameter 17 inci.

Yang lebih spesial adalah Honda HR-V berkapasitas 1,5 liter E CVT dan 1,8 liter L Prestige edisi Mugen. ’’Di-launching GIIAS ini, Honda HR-V versi Mugen sudah menjadi paket aksesori resmi. Cukup menambah Rp 26 juta,” terang Jonfis Fandy, direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor.

Pabrikan asal Amerika di bawah panji General Motors, Chevrolet, juga mempunyai andalan baru di kelas SUV. Chevrolet Captiva yang terkenal tangguh mendapat sentuhan baru tanpa banyak mengubah bentuk bodi. Apron depan terlihat paling banyak diubah, terutama di bagian grill dan air dam. Versi lama, bagian grill lebih lebar. Untuk versi baru, grill tampil tipis sehingga lebih manis saat berpadu dengan logo khas pita Chevrolet.

’’Peluncuran All New Captiva merupakan bukti bahwa kami selalu memberikan produk terbaik berteknologi tinggi sesuai kebutuhan pelanggan,” kata Gaurav Gupta, president director PT GM Indonesia.

Teknologi baru yang dijanjikan Gaurav adalah meter cluster baru serta layar LCD yang memudahkan pengemudi memantau informasi jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, kecepatan rata-rata kendaraan, serta kondisi tekanan ban.

Fitur keamanan ditingkatkan dengan tambahan side blind zone alert dan rear cross traffic alert yang menggunakan dua radar. Rear park assist camera juga dilekatkan untuk memudahkan parkir mundur.

Bagaimana dengan SUV dari Negeri Ginseng, Korea? Hyundai meng-upgrade penampilan mid SUV Tucson. Mobil tersebut diluncurkan sejak Indonesia International Motoshow April lalu. Namun, di GIIAS, Hyundai Motor Indonesia meluncurkan varian tertinggi dari Tucson, yaitu seri XG.

’’Hyundai saat ini berbeda dengan satu dekade lalu. Desainer Hyundai mengacu pada mobil Eropa. Jadi, model-modelnya lebih agresif dan mewah seperti Tucson ini,” tutur Mukiat Sutikno, presiden direktur Hyundai Mobil Indonesia.

Mid SUV besutan Hyundai telah dibekali mesin 2.000 cc D-CVVT dan berpadu dengan transmisi automatic shiftronic. Pesaing Hyundai sesama Korea pun tidak mau kalah. KIA meluncurkan andalan terbarunya, All New Sportage.

KIA All New Sportage dihadirkan dalam tiga varian. Yakni, Sportage AT, GT Line, dan GT Line Ultimate. Semuanya menggunakan unit mesin 2.000 cc berbahan bakar bensin dan mampu meluapkan tenaga hingga 158 PS. (*/noe)

 

 

 

 

 

 

 

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia