Jawa Pos Logo

Tipe Matik Sienta Paling Laris

JawaPos.com – Kenyamanan menjadi pilihan utama para konsumen Toyota Sienta. Karena itu, jenis matik mendominasi penjualan kendaraan multi-activity vehicle (MAV) besutan pabrikan asal Jepang itu. Di Jawa Timur, penjualan Sienta didominasi tipe V CVT sebesar 50 persen. Lalu disusul tipe Q CVT sebesar 30 persen. Sisanya, pembeli memilih tipe G dan E.

”Untuk tipe E, peminatnya minim karena memang konsumen di tipe itu berasal dari perusahaan maupun rental mobil,” ujar Operation Manager Auto 2000 Wilayah Jawa Timur Hendra Purnawan di sela penyerahan Toyota Sienta kepada konsumen di Surabaya Kamis (28/7).

Tipe matik masih menjadi favorit pembeli dengan kontribusi 77 persen. Sebab, karakteristik pembeli Sienta adalah kalangan menengah yang terbiasa dengan pola hidup nyaman. Di Jawa Timur, pasar terbesar Sienta masih terfokus di perkotaan seperti Surabaya, Malang, dan Kediri.

Wakil Presiden PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menambahkan. Berbeda dengan produk di Jepang, fitur yang ada di Sienta telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Salah satunya, ground clearance yang lebih tinggi banding produk sejenis di Jepang. “Selisih 2,5 cm-an. Kami menyesuaikan infrastruktur tanah air,” tuturnya.

Sejak diperkenalkan tiga bulan lalu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), Sienta terjual sebanyak 2.800 unit di seluruh Indonesia. Sedangkan di wilayah Jawa Timur, mobil tujuh penumpang itu telah terjual sebanyak 250 unit.

Karakteristik pembeli Sienta saat ini sama dengan target pasar yang dibidik. Yakni, keluarga muda yang mempunyai beragam aktivitas. Sebanyak 50 persen pembeli Sienta berusia di bawah 40 tahun.

Pangsa pasar Toyota di Jatim pun tumbuh 0,5 persen dari 30,1 persen pada semester pertama 2015 menjadi 30,6 persen pada periode yang sama tahun ini. Penjualan Toyota tumbuh 29 persen pada semester pertama 2016 (yoy). (dio/JPG)


BERITA LAINNYA