Selasa, 24 Jan 2017
Otomotif

All New Pajero Sport Dominasi Penjualan Mitsubishi

Senin, 25 Jul 2016 06:37

All New Pajero Sprot

All New Pajero Sprot (Dok Jawa Pos)

JawaPos.com- Kinerja Mitsubishi tahun ini terdongkrak penjualan All New Pajero Sport. Sejak diluncurkan awal tahun ini, sport utility vehicle (SUV) tersebut terjual 10.500 unit. 

Head of MMC Sales Group PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Imam Choeru Cahya menyatakan, angka penjualan All New Pajero Sport itu mencakup separo di antara total penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi pada semester pertama tahun ini.

’’Segmen SUV tersebut cukup unik. Sebab, pasarnya tumbuh cukup bagus, yakni 5 persen pada semester pertama tahun ini,” katanya di sela special test ride sebagaimana dikutip Jawa Pos, Senin (25/7).

Imam meyakini, salah satu faktor terdongkraknya pasar SUV di Indonesia adalah munculnya sejumlah varian baru pada segmen tersebut. 

Selain Mitsubishi yang mengandalkan All New Pajero Sport, Toyota pada awal tahun ini merilis All New Fortuner. Sementara itu, Honda meluncurkan New CR-V Prestige.

Keberadaan All New Pajero Sport mendorong penguatan pangsa pasar Mitsubishi pada segmen SUV dari 27 persen menjadi 33 persen pada semester pertama lalu. 

Tahun  lalu total penjualan Pajero Sport hanya mencapai 1.000–1.150 unit per bulan. All New Pajero Sport mampu terjual sekitar 2 ribu unit per bulan. 

Dari angka penjualan tersebut, tipe Dakar 4 x 2 berkontribusi 80 persen. 

’’Kami memiliki proyek besar pada 2017. Kami juga ingin meningkatkan branding passenger car. Sebab, selama ini Mitsubishi lebih dikenal untuk mobil niaga dan sport,” terangnya. 

Mitsubishi membangun pabrik di Karawang dengan progres 95 persen. Pabrik tersebut akan digunakan untuk memproduksi All New Pajero Sport, Mitsubishi L300, dan produk anyar mereka pada segmen MPV (multi purpose vehicle). 

Pekan ini Mitsubishi meluncurkan Mitsubishi Mirage facelift. Sementara itu, di ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) pada 11–21 Agustus mendatang, Mitsubishi memperkenalkan produk masal pada segmen MPV.

Dia menjelaskan, penerimaan masyarakat yang sesuai ekspektasi tidak lepas dari tampilan dan performa Mitsubishi yang sesuai dengan karakter orang Indonesia. 

’’Ada lekukan di bodinya. Lalu, power, safety, dan compatibilty-nya memang sesuai dengan masyarakat Indonesia,” ujarnya. 

Bukti lain diterimanya produk tersebut di Indonesia, All New Pajero Sport menerima empat penghargaan dalam jangka waktu peluncuran tiga bulan. Salah satunya adalah sebagai Car of The Year 2016 di ajang 9th Otomotif Award 2016. (vir/c5/noe)

 TOP
©2016 PT Jawa Pos Group Multimedia