Minggu, 23 Jul 2017
Otomotif

Ganti Airbag, Toyota Lakukan Recall Ribuan Kendaraannya

Rabu, 20 Jul 2016 09:21 | editor : Mochamad Nur

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok Jawa Pos)

JawaPos.com- PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan  recall (penarikan untuk perbaikan) terhadap 40.280 unit mobil yang telah beredar luas di pasaran. 

Tipe kendaraan yang masuk program ini meliputi  Camry, Corolla Altis, Vios, dan Yaris. Empat tipe kendaraan ini diproduksi antara  2001-2008.

Wakil Presdir  TAM Henry Tanoto  menyebut program Special Service Campaign (SSC) ini menindaklanjuti  arahan prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC), yang berbasis di Jepang. 

’’Lewat  program ini, TAM akan mengganti komponen airbag inflator penumpang depan, yang berpotensi tidak berfungsi saat terjadi benturan keras. Airbag yang digunakan empat mobil itu diproduksi oleh Takata,’’ kata Henry sebagaimana dikutip Indopos, Rabu (20/7).

Penggantian komponen airbag inflator membutuhkan waktu 2,5 jam dan tidak dipungut biaya. 

Untuk ikut  program ini,  konsumen cukup  menghubungi costumer care TAM yang beroperasi selama  selama 24 jam penuh.

’’Informasi tentang kasus ini sudah kami dapatkan dari TMC sejak tahun lalu. Kami telah menginventarisir kasus ini sejak tahun lalu dengan menghubungi konsumen secara langsung,’’ imbuhnya.

Konsumen  diharapkan  mengontak diler terdekat sehingga bisa segera dilakukan penggantian  komponen.  Seluruh komponen pada program ini berasal dari TMC.

’’Program ini akan dilakukan secara gradual hingga seluruh mobil yang menjadi target diperbaiki. Prinsipnya, diler akan melayani semua unit mobil yang masuk program ini,’’ tukasnya.

Salah satu kesulitan yang dialami TAM, kata dia, adalah mengidentifikasi pemilik kendaraan yang terkena recall. Sebab, kendaraan yang masuk program kebanyakan sudah berganti pemilik.(dew/nas/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia