Jawa Pos Logo

Pasar Otomotif Mulai Bangkit

JawaPos.com – Salah satu diler terbesar Toyota, Auto2000, mulai merasakan gairah pasar otomotif di penghujung semester pertama 2016. Selain situasi ekonomi dan politik mulai kondusif, pasar mobil diyakini membaik karena kehadiran Toyota Sienta.

Chief Executive Auto2000 Agus Prayitno menyatakan, momen Idul Fitri menjadi salah satu pendorong peningkatan sales Toyota pada kuartal kedua 2016. ”Pada momen Idul Fitri, kami diberikan kesempatan untuk memberikan pelayanan ekstra kepada pelanggan, baik dari sisi sales maupun aftersales,” terangnya.

Selain itu, kehadiran Toyota Sienta sebagai produk baru di segmen multipurpose vehicle (MPV) menambah optimisme Toyota Group di Indonesia. Mobil tujuh penumpang kelas menengah yang diperkenalkan April lalu tersebut akan menjadi salah satu fokus utama perseroan pada semester kedua ini.

Toyota mempersiapkan peluncuran MPV kelas low cost green car (LCGC), yaitu Toyota Calya. Mobil dengan basis platform Toyota Agya itu dipasarkan Rp 125 juta–Rp 150 juta. Peluncuran mobil tujuh penumpang tersebut diyakini menambah gairah pasar otomotif, terutama pabrikan Toyota.

Chief Marketing Auto2000 Martogi Siahaan menilai, situasi pasar mulai berkembang akhir-akhir ini. Dari sisi penjualan, terjadi peningkatan signifikan pada kuartal kedua. ’’Selain itu, jumlah unit entry servis pada kuartal kedua meningkat 6 persen jika dibandingkan dengan kuartal pertama,” ungkapnya.

Martogi berharap situasi kondusif yang ditunjukkan pada akhir kuartal kedua bisa berlanjut pada paro kedua tahun ini. Terlebih, gairah ekonomi mulai terlihat meningkat ditandai dengan berbagai kebijakan pemerintah dan tidak ada lagi halangan politik seperti yang terjadi pada 2015.


BERITA LAINNYA