Jawa Pos Logo

Pasar Turun, TAM Masih Tumbuh

JawaPos.com - Kondisi pasar otomotif nasional masih melandai. Meskipun demikian, PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mencatat pertumbuhan penjualan ritel. April lalu mencapai 31.626 unit atau tumbuh 6,1 persen.

Kinerja ini membuat Toyota kokoh sebagai pemimpin pasar dengan market shares hingga 38 persen. Salah satu faktor pendongkrak torehan sepanjang bulan lalu adalah penjualan Toyota Rush yang naik 28,2 persen. Ini membuat Rush menjadi market leader di segmen medium SUV.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto, menyebutkan bahwa capaian tersebut tidak lepas dari kepercayaan pelanggan terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota yang terus ditingkatkan. “Pencapaian ini tidak hanya semakin meneguhkan posisi Toyota di kancah industri otomotif nasional, sekaligus membawa market shares Toyota ke posisi tertinggi sepanjang beberapa waktu terakhir ini,” kata Henry hari ini dalam siaran pers.

Secara keseluruhan penjualan mobil di segmen ritel sepanjang April lalu turun 9,9 persen (month to month). Maret membukukan 92.407 unit menjadi 83.288 unit pada April. Penurunan terjadi di semua segmen, baik kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial. Masing-masing turun 11,2 persen dan 4,6 persen.

Di segmen kendaraan penumpang, penurunan terbesar dialami pasar SUV yang mencapai 32,8 persen. Sementara, segmen kendaraan komersial penurunan paling tajam dialami segmen truk ringan (2 ton) sebesar 9,4 persen.

Namun, penjualan mobil Toyota berhasil mencatat kinerja positif. Baik segmen penumpang maupun komersial masing-masing sebesar, 5,5 persen dan 23 persen.


BERITA LAINNYA