Jawa Pos Logo

Napas Tua, Performa Anak Muda

JawaPos.com – Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. Peribahasa itu ternyata juga berlaku untuk motor klasik Honda Cub Series (C70, C50, dan C90). Buktinya, motor produksi 1961 hingga 2008 tersebut masih mampu digeber mencapai puncak performanya.

Suasana seperti itu pula yang kemarin (8/5) tersaji di pintu masuk Sirkuit Drag Race Kenpark, Kenjeran. Ribuan biker tua-muda bersama motor cub miliknya parkir di sepanjang jalan menuju sirkuit.

Memasuki paddock, deru mesin motor cub modifikasi terdengar sangat nyaring, menarik siapa saja untuk menontonnya. Motor yang kerap disebut ulung itu ternyata sangat bertenaga ketika dipacu para joki pada jarak 201 meter.

Rahasia performa maksimal motor produksi Jepang tersebut ternyata adalah ketelatenan para mekaniknya. Okky Choky, 25, dari Abby Racing, misalnya. Dia rajin memburu spare part motor cub itu dengan menjelajah toko jual beli online.

”Untuk balapan, kami selalu mengubah karburator, piston, dan ICU agar mencapai puncak kecepatan yang diinginkan,” papar Okky. Faktor yang tidak kalah penting dari balapan adalah jokinya.

Sebab, menggeber motor klasik berbeda dengan motor-motor produksi mutakhir. Kemampuan untuk mengerti dan memahami motor sangat diperlukan.


BERITA LAINNYA