Kamis, 23 Feb 2017
Otomotif

Tunas Group Berharap Tipe Baru Dorong Penjualan Otomotif

Jumat, 22 Apr 2016 05:00

Produk Baru Otomotif  Terus Masuk Pasar Untuk Gaet  Konsumen

Produk Baru Otomotif Terus Masuk Pasar Untuk Gaet Konsumen (Dok. Jawa Pos)

JawaPos.com-Daya beli yang mulai tumbuh memberi optimis bagi pelaku  industri otomotif. PT Tunas Ridean Tbk optimis  penjualan mobil barunya bisa tumbuh 5-10 persen tahun ini.

“Jika ekonomi terus membaik, bisnis otomotif akan tumbuh. Penjualan mobil nasional diprediksi sekitar 1,05 juta unit atau tumbuh sekitar lima persen. Kita di Tunas Group berharap bisa tumbuh 5-10 persen tahun ini,” ujar Dirut Tunas Ridean Tbk Rico A. Setiawan di Jakarta.

Menurutnya, selain ekonomi yang terus membaik, peningkatan penjualan mobil baru akan tumbuh tahun ini sejalan dengan dirilisnya produk baru baik dari  Toyota, Daihatsu,  BMW dan beberapa produk lainnya.

Dia menyebutkan, sepanjang kuartal pertama 2016 penjualan mobil baru Tunas Grup tumbuh tipis sebesar tiga persen  atau sebesar 11,663 unit. Penjualan yang positif ini terjadi di tengah pelemahan penjualan mobil nasional sepanjang kuartal pertama 2016, yang turun lima menjadi 267 ribu unit, dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Penjualan di kuartal I masih rendah karena  persediaan produk baru terbatas. Seperti dari Toyota, sudah launcing (Fortuner, Inova),  tetapi unitnya masih  terbatas.  Indennya panjang,” ungkap Rico.

Sementara untuk  penjualan roda dua secara nasional, untuk kuartal pertama 2016 terjual sebanyak 1,5 juta unit atau turun enam persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dari total penjualan itu, penjualan sepeda motor Tunas Grup menyumbang 42 ribu, turun  dua persen.

Untuk ekspansi usaha, Rico menjelaskan  Perseroan menganggarkan belanja modal (capital expeniture/capex) sebesar Rp639 miliar sepanjang 2016.  Rencananya sebesar 70 persen  akan digunakan untuk membiayai Tunas Rental. "Sekarang armada Tunas Rental tercatat 7.600 unit. Nanti kita tambah mobil baru, sehingga armada kita bisa tumbuh 10 persen  sampai akhir tahun," ungkap Rico.

Sisanya akan digunakan membiayai pembukaan cabang baru. "Rencana tahun ini buka satu show room BMW di Bekasi, dan cabang Daihatsu di Lebak-Banten,"  imbuh Rico.

Hingga 31 Maret 2016, jaringan bisnis Tunas Grup untuk roda empat meliputi Jawa dan Sumatera, sementara untuk roda dua mencakup Jawa, Sumatera, Bangka Belitung, Bali, Kalimantan dan Sulawesi, dengan 147 outlet/sales point.(nas/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia