Jawa Pos Logo

Mobil Murah Paling Dicari
BERITA TERKAIT

JawaPos.com – Lesunya kondisi perekonomian berimbas pada perubahan pasar otomotif domestik. Segmen mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) serta low multipurpose vehicle diprediksi menjadi pilihan utama konsumen tahun ini.

Menurut Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto, pelemahan daya beli mengakibatkan konsumen diperkirakan memilih mobil yang harganya kurang dari Rp 200 juta.

"Sejauh ini kisaran harga itu yang masih terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Kami melihat, tahun ini LCGC kembali booming," katanya kemarin (14/4).

Chief Operation Officer (COO) PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Toto Suryana Wijaya membenarkan sinyal tersebut.

Menurut dia, saat ini masyarakat cenderung realistis dalam membeli mobil. Mereka mencari kendaraan yang harganya murah dan hemat bahan bakar. "Pilihannya tentu LCGC atau low MPV," tutur dia.

Sinyalemen itu setidaknya terlihat dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Mobil LCGC dan low MPV paling laris terjual bila dibandingkan dengan segmen premium.


BERITA LAINNYA