Jawa Pos Logo

Di Luar Jepang, Indonesia Negara Pertama Produksi Sienta

JawaPos.com - Varian baru masih menjadi andalan industri otomotif untuk mendongkrak penjualan. Kali ini Toyota memperkenalkan Sienta di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 kemarin (7/4).

"Sienta diproduksi di Indonesia, oleh orang Indonesia, untuk masyarakat Indonesia," kata Managing Officer Toyota Motor Corp Hiroyuki Fukui saat prapeluncuran Sienta kamis (7/4).

Indonesia, lanjut dia, menjadi negara pertama di luar Jepang yang memproduksi sekaligus menjual Sienta. Sejauh ini, Sienta di Jepang diproduksi hingga generasi kedua.

Sienta bakal diproduksi secara masal di Toyota Karawang Plant 2, Jawa Barat, pada akhir Juni 2016. Pabrik tersebut mempunyai kapasitas produksi 120 ribu unit per tahun.

Sementara itu, mesin NR-engine yang digunakan Sienta bakal diproduksi di Toyota Plant Karawang 3. Pabrik yang berkapasitas produksi 216 ribu unit engine per tahun tersebut baru diresmikan sebulan lalu dengan nilai investasi Rp 2,3 triliun. Sienta merupakan mobil berkapasitas 1.500 cc dan diproduksi dengan kandungan lokal 80 persen.

"Aerokit Sienta didesain desainer Indonesia. Ground clearance Sienta juga lebih tinggi dibanding Sienta di Jepang, yakni 170 mm," lanjut Hiroyuki yang juga Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) itu.


BERITA LAINNYA