Jawa Pos Logo

Industri Otomotif, Wapres: Indonesia Bisa Kalahkan Thailand

JawaPos.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menilai Indonesia memiliki potensi besar mengalahkan Thailand yang menjadi basis produksi kendaraan bermotor di kawasan Asia Tenggara. Syaratnya, pemerintah terus membenahi infrastruktur.

"Kita punya jumlah penduduk terbesar keempat dunia, jauh di atas Thailand. Hanya, panjang jalan yang kita miliki kalah jika dibandingkan dengan Thailand," katanya.

Kalla menyatakan, penjualan mobil sangat ditentukan kemampuan pemerintah membangun infrastruktur. Jika infrastruktur, terutama jalan, jembatan, dan pelabuhan, tidak dibangun, jalan akan macet sehingga penjualan otomotif dipastikan mandek.

"Infrastruktur juga penting untuk memperlancar distribusi penjualan kendaraan bermotor," jelas dia.

Karena pembangunan infrastruktur bergantung penerimaan pajak, Wapres meminta industri otomotif aktif mendorong peningkatan daya beli masyarakat. Selain menghindari perang harga, agen pemegang merek (APM) di industri otomotif didorong meningkatkan layanan purnajual.

"Perang harga hanya akan mematikan banyak pihak. Kalau perbaikan purnajual, konsumen bakal diuntungkan dalam jangka panjang," terangnya.


BERITA LAINNYA