Jawa Pos Logo

BBM Murah, Penjualan Mobil Tembus 1 Juta Unit

JawaPos.com - Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenprin), I Gusti Putu Suryawirawan mengungkapkan penurunan harga BBM (bahan bakar minyak) berpotensi mendongkrak penjualan mobil tahun ini.

Ya, daya beli masyarakat juga mempertimbangkan tinggi rendah-nya harga BBM.

"Kami pun optimis (penjualan.red) naik karena demand yang besar terlebih BBM turun (harga). Ini ada potensi naik atau minimal sama dengan tahun lalu yakni sekitar 1 juta unit,"‎ kata dia, Kamis (7/4).

Meski begitu, sambung Putu, sejumlah produsen otomotif dan Agen Pemegang Merek (APM) telah mulai memproduksi mobil berbahan bakar ramah lingkungan.

"Ke depannya, kita harus penuhi karena lingkungan bersih itu butuh BBM yang kualitas lebih baik. Serta kita juga dorong kendaraan yang ramah lingkungan agar kendaraan Indonesia setara dengan negara lain sehingga mudah di ekspor," imbuh dia. 

Selain itu, Putu menambahkan, pertumbuhan industri otomotif ‎tahun ini akan membaik karena perekonomian nasional dan global mulai membaik. Bahkan, harga baja juga mulai meningkat.(hyt/JPG)


BERITA LAINNYA