Kamis, 23 Feb 2017
Otomotif

Pangsa Pasar Truk Tambang Anjlok, Hino Tetap Menjulang

Rabu, 09 Mar 2016 17:30

Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki  (tengah)

Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki (tengah) (Hayatullah/JawaPos.com)

JawaPos.com - Kendati pasar retail kendaraan komersial untuk kelas medium duty truck mengalami penurunan 27 persen secara nasional selama 2015, akan berbanding terbalik dengan apa yang dicapai PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). Agen pemegang merek (APM) Hino itu malah mendapatkan hasil penjualan gemilang.

Selama 2015 HMSI sukses menjual retail sales (penjualan langsung ke konsumen) kelas medium duty truck mencapai 10.856 unit dengan meraup market share sebanyak 62 persen.

Sementara secara nasional penjualan secara retail, pasar kendaraan komersial nasional untuk kelas medium duty truck hanya sebanyak 17.605 unit.

Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki menuturkan pasar kendaraan komersial tengah mengalami penurunan. Bahkan saat ini penjualan di sektor truk tambang turun drastis karena lesunya industri pertambangan di Indonesia.

Namun, perolehan pangsa pasar Hino justru mengalami kenaikan. Ini memperkuat posisi Hino sebagai market leader di segmen ini sejak tahun 2000 atau selama 16 tahun berturut turut.
 
“Hino selalu memberikan total support kepada para customer untuk membantu mereka menjalankan bisnis lebih mudah. Sehingga kami memperoleh kepercayaan yang lebih dari para customer. Market share kami pun tetap meningkat walaupun pasar kendaraan komersil menurun” ungkap dia dalam media gathering, Selasa (8/3).

Hal serupa juga terjadi untuk segmen light duty truck, Hino Dutro berhasil terus tumbuh dari tahun 2014 yang tercatat sebesar 16 market share.

Tahun 2015, pangsa pasar naik 17,25 persen dengan membukukan penjualan sebanyak 11.158 unit truk.

Ini menjadi rekor tertinggi bagi Hino Dutro karena baru kali pertama diluncurkan tahun 2002, Dutro hanya mampu membukukan penjualan sebanyak 153 unit atau hanya meraih 1 persen market share.

Upaya pengembangan dan pembaruan produk terus dilakukan, sehingga penjualannya mengalami peningkatan tiap tahunnya dan berhasil melewati para pesaingnya satu persatu. (hyt/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia