Sabtu, 24 Jun 2017
Humaniora

Alhamdulillah... Kemendikbud Lipatgandakan Jumlah Guru Honorer Penerima Tunjangan

Jumat, 25 Sep 2015 02:29 | editor : ayatollah

Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan Anies R Baswedan.

Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan Anies R Baswedan. (Foto: Ricardo/JPNN.Com)

JawaPos.Com - Kementerian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Kemendikbud) menambah jumlah guru honorer yang mendapatkan tunjangan. Penambahan itu hingga dua kali lipat.

 

Alokasi penambahan itu masuk dalam RAPBN 2016 untuk Kemendikbud. Kesepakatan tentang penambahan jumlah guru honorer penerima tunjangan itu diambil dalam rapat kerja Komisi X DPR yang membidangi pendidikan dengan Mendikbud Anies Baswedan, Rabu (23/9).

Menurut Anies, penambahan jumlah guru honorer penerima tunjangan dari 46.000 menjadi  92.000. “Target jumlah guru honorer yang mendapatkan tunjangan disepakati ditingkatkan 100 persen,” katanya.

Selain itu, Komisi X DPR juga mendorong Kemendikbud untuk mengevaluasi kebijakan penggunaan dana alokasi khusus (DAK) pendidikan yang selama lima tahun terakhir tidak terserap. “Jumlahnya Rp 10 triliun," katanya.

Anies manambahkan, DAK pendidikan akan diprioritaskan penggunaannya dengan komposisi 60 persen fisik, dan 40 persen mutu termaksud tunjangan guru honorer. "Selain itu, DAK juga digunakan untuk  rehab ruang kelas, penyediaan fasilitas olahraga dan seni, ruang ibadah, ruang multi guna, dan sarana lainnya," terangnya.(had/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia