Jumat, 18 Aug 2017
JPG Today

Buset, Usia Baru 15 Tahun Sudah Menjadi Germo

Selasa, 22 Sep 2015 07:20 | editor : ronald

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.com)

JawaPos.com--Suneo (15), bukan nama sebenarnya, menjalani sidang di Pengadilan Negeri Ternate, Senin (21/9). Ia dituduh menjadi germo atau perantara pekerja seks komersial (PSK). Sidang yang digelar secara tertutup ini dipimpin hakim Nitanel. 

 

Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang ini yakni Apris Ligaua dan Rahman. Dalam sidang tersebut, ada tiga saksi dari Polda yang dihadirkan yakni Wahyu, Hamid dan Diba. Ketiganya mengaku mendapat informasi dari masyarakat bahwa terdakwa adalah germo alias muncikari.  

Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan terhadap terdakwa. “Ketika kami telusuri, memang benar dia yang masih duduk di bangku SMP itu telah menjadi muncikari,” terang Wahyu, salah seorang saksi. 

Para saksi juga menyebutkan, mereka menangkap terdakwa saat sedang melakukan transaksi dengan laki-laki hidung belang di salah satu penginapan di Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah. 

Sementara dua saksi lain yang hadir yakni pemilik salah satu penginapan dan resepsionis bernama Yako. Keduanya mengaku tidak tahu-menahu jika terdakwa Suneo adalah seorang muncikari. Namun, mereka menyatakan sudah kenal dengan terdakwa. 

"Dia sering di penginapan kami. Namun soal dia muncikari atau tidak, kami tidak tahu,” kata saksi Yako singkat. Perbuatan terdakwa dijerat dengan pasal 2 ayat (1) dan pasal 12 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun.  

Sidang akan dilanjutkan Rabu (23/9) dengan agenda pemeriksaan saksi tambahan. Sekadar diketahui, Suneo ditangkap Polda Malut Oktober 2014 lalu saat menjajakan para PSK kepada lelaki hidung belang di sebuah penginapan. Aksinya terbongkar karena masyarakat melaporkannya ke polisi. (tr-01/ici/jpg)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia